GOA GONG – PACITAN – JAWA TIMUR

Koordinat GPS:  S8.165073 – E110.979813

Altitude : 344 mdpl

Gua yang terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Menuju lokasi ini menempuh perbukitan namun jalan relatif bagus.

Gua ini merupakan gua yang indah dan cukup dalam diantara gugusan gua-gua yang terletak di disekitarnya.  Karena masih ada beberapa gua lain yang letaknya tidak terlalu jauh dari Gua Gong, seperti Gua Tabuhan dan Gua Putri.

Gua Gong memiliki stalagtite dan stalagmit yang mengagumkan dan dikatakan menjadi indah di Asia Tenggara. Memiliki kedalaman sekitar 256 m .

Penamaan gua Gong sendiri bertalian erat dengan salah satu nama perangkat gamelan Jawa.  itu masyarakat sekitar menamakan gua tersebut menjadi Gua Gong.  Pada hari-hari tertentu setiap hari Jumat, ada suara musik tradisional yang disebut “Jaranan” gong (gong tradisional) adalah instrumen yang paling keras suara dari yang lain. Sampai sekarang, kadang-kadang suara masih dapat didengar, itulah sebabnya gua ini sekitar 256 meter di bawah tanah, memiliki 12 kamar, 7 mata air dan satu kamar mandi alam.

Gua ini terletak sekitar 30 km barat Pacitan,Jawa Timur. tepatnya di Desa Bomo, Punting kabupaten dan mudah dicapai dengan semua jenis kendaraan baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua dengan memakan waktu sekitar 45 menit. Daerah ini juga tersedia beberapa fasilitas, seperti; toko suvenir, restoran, tempat parkir, Masjid, dll.

  

Saat  memasuki gua, Anda akan melihat keeksotisan dengan dinding-dinding gua yang terlihat kuning keemasan. Terdapat kipas angin besar di dalamnya yang sengaja diletakkan di beberapa sisi gua untuk mengurangi rasa panas di dalam gua. Memasuki ruang pertama, yaitu ruang Sendang Bidadari, di  ruangan ini terdapat sendang kecil dengan air yang dingin dan bersih. Di sebelahnya adalah ruang Bidadari, dimana menurut cerita diruangan kadang melintas bayangan seorang wanita yang cantik.

Ruang tiga dan empat adalah ruang kristal dan marmer,  dalam ruangan tersebut tersimpan batu kristal dan marmer di sisi-sisi atas dan samping gua dengan kualitas yang hampir sempurna. Memasuki ruanglima, adalah ruangan yang sedikit lapang. Di tempat ini pernah dijadikan konser musik empat negara, yaitu;Indonesia, Swiss, Inggris dan Perancis dalam kerangka mempromosikan keberadaan Gua Gong ke mancanegara.Ruang enam adalah ruang pertapaan dan terakhir ruang tujuh adalah batu gong. Adalah batu-batu yang apabila kita tabuh akan mengeluarkan suara seperti gong.

 

Satu pemikiran pada “GOA GONG – PACITAN – JAWA TIMUR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s