Taman Wisata Alam (TWA) SITU GUNUNG & Curug SaweR

Koordinat GPS: 106 54’37’-106 55’30’ Bujur Timur 06 39’40’-06 41’12’

Travelling kali ini bersama kami ditemani adik dan istri (membantu masak dan diriin tenda hehehe) tepatnya 2-3 juli 2011 lalu.  TWA Situ gunung yang mempunyai luas 100ha adalah merupakan kawasan pelestarian alam bagian dari zona pemanfaatan intensif Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Menurut administrasi pemerintahan termasuk wilayah Desa Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. menurut wilayah pengelolaan hutan termasuk RPH Cipaku BKPH Gede Barat KPH Sukabumi.

TWA Situgunung terletak dikaki gunung Pangrango pada ketinggian 950-1.036m dari permukaan laut. Keadaan tofografinya sebagian kecil datar, bergelombang sampai berbukit.

Untuk menuju kawasan ini bagi anda yang berpergian menggunakan angkutan umum cukup mudah. Jika membawa kendaraan pribadi dari Jakarta masuk Tol jagorawi keluar Ciawi arah Sukabumi patokan polsek cisaat anda belok ke kiri melewati jalan kadudampit (itulah jalur menuju TWA Situ Gunung) Sangat disarankan jika Anda ingin 1 day trip jalan pagi sekali, karena lido dan cisurug cukup macet dan jalan agak rusak.

Sesampainya di lokasi terdapat pusat informasi. Untuk masuk ke lokasi cukup membayar Rp. 3500 per orang jika anda berkemah Rp. 6500,- per orang dan untuk kendaraan mobil Rp. 5000 ( cukup murah bukan ).

Bagi anda yang ingin kemping pun sudah tersedia tenda sewaan berikut perlengkapannya. Anda hanya membawa makanan saja, atau terdapat villa dan cottage yang disewakan.

Selain memiliki keindahan pemandangan hutan alam dan hutan tanaman, situgunung memiliki obyek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu:
1. Telaga Situgunung: sebuah telaga buatan seluas 10ha dengan panorama yang indah dikelilingi bukit dan tegakan pohon damar. Bisa untuk memancing dengan pemandangan yang indah.
2. Air terjun : Air terjun Cimanaracun dan curug sawer salah satu keindahan alam yang menyatu dengan lingkungan sekitarnya.

Di kawasan ini pula terdapat berbagai jenis anggrek antara dan terdapat 62 jenis satwa liar (19 jenis dilindungi) yang terdiri atas 41 jenis burung (11 jenis dilindungi) dan 21 jenis mamalia (8 jenis dilindungi).

Fasilitas
Berbagai sarana untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan wisatawan yang berkunjung di TWA Situgunung diantaranya telah tersedia:
1. Pesanggrahan: tersedi 4 buah pesanggrahan dan sebuah gedung serbaguna yang dapat menampung 200 orang.
2. Bumi perkemahan: Areal perkemahan seluas 5ha dibawah tegakan hutan damar memiliki fasilitas berkemah yang cukup lengkap.
3. Pusat informasi dan pelayanan: sarana ini dimaksudkan sebagai tempat memberikan penerangan dan informasi tentang kawasan serta peraturan-peraturan lainnya.
4. Jalan setapak: jalan setapak yang dibuat dengan maksud untuk memperlancar dan sekaligus memberi petunjuk bagi wisatawan tentang potensi-potensi yang ada dalam kawasan, karena jalan setapak ini dibuat sebagai penghubung tempat-tempat yang mempunyai potensi dan atraksi wisata.
5. Kafetaria: menyediakan dan melayani kenutuhan makanan dan minuman bagi wisatawan.
6. Kios Cenderamata: sarana ini diperuntukan guna memenuhi kebutuhan wisatawan akan kenang-kenangan atau tanda mata.
7. Shelter/kopel: Bangunan ini dapat dipakai sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan alam.
8. Fasilitas lainnya: tempat parkir, musholla, MCK, dermaga, taman bermain dan teater alam.

“Yang paling saya kagumi adalah kebersihan lokasi wisata ini, termasuk MCK nya Salut untuk pengelolanya. Keep On Going Broo. Keep The Green Forrest”

Ini menjadi contoh bagi pengelolaan taman nasional yang memiliki hutan wisata alam

 

9 pemikiran pada “Taman Wisata Alam (TWA) SITU GUNUNG & Curug SaweR

  1. Salam kenal mas broo…eh kemping skluarga gitu (1tenda doang) ngak serem yah mas? Saya pinggin banget pi maunya ajak2 keluarga besar pi ya gitu deh..gaaaak kumpul2. So mo minta tes case dr yg dah expert nic ^_^

  2. Isna: ajaklah keluarga .. sesekali coba pada kondisi yang normal saja dahulu. bukan musim penghujan .. yg dekat dulu. intinya mengkondisikan dan mensosialisasikan lingkungan, nanti kalo sudah terbisa boleh traveling yg agak ekstrem sedikit .. selamat traveling

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s