Taman Nasional Gunung Halimun Salak – ( TNGHS )

Koordinat GPS di POS CIKANIKI : S 6 44.786 E 106 32.270

Koordinat GPS Gunung  Salak : S6.713300 – E106.732200

Gunung Salak memiliki beberapa puncak. Diantaranya Puncak Gunung Salak 1 memiliki ketinggian 2.211 mdpl. Puncak Salak 2 memiliki ketinggian 2.1180 mdpl. Gunung Halimun memiliki ketinggian 1.929 mdpl.

Taman Nasional ini dulunya dibawah pengelolaan kawasan TN.Gede Pangrango lalu pisah di tahun 2003 dan berdiri sendiri menjadi TN. Gunung Halimun Salak. (TNGHS). Saat ini TNGHS merupakan salah satu taman nasional yang memiliki ekosistem hutan hujan tropis pegunungan terluas di Jawa. Dan kini Gunung Salak resmi di bawah pengelolaan TNGHS.

Didalamnya terdapat beberapa enclave perkebunan, pemukiman masyarakat tradisional serta beberapa aktivitas pertambangan emas, pembangkit energi listrik panas bumi dan pariwisata massal.

Konon, banyak para petani tradisional maupun pendatang sudah tinggal sebelum kawasan ini ditetapkan sebagai areal konservasi. Sehingga menjadi tantangan bagi pengelola, para pihak dan masyarakat lokal dalam mengembangkan model pengelolaan kawasan TNGHS yang lebih kolaboratif dan berkelanjutan di masa depan.

Ada tujuh puncak gunung bukit yang memagari Halimun, yaitu Gunung Sanggabuana, Kencana, Botol, Pareang, Halimun Selatan, Pananjoan, dan Gunung Kendeng.

Cikaniki – Canopy Trail

Selain sebagai stasiun peneliti, yang mendukung penelitian hutan di sekitar Cikaniki – Citalahab. Juga tersedia Wisma penginapan untuk tamu yang mau bermalam. Selain itu, di sini juga terdapat conopy yang terbentang dari pohon kepohon, dengan ketinggian 30 m dan panjang sekitar 100 m ( kalo saya itung ada +/- 5 jembatan).

Untuk mencapai stasiun penelitian TNGHS di Cikaniki yang masih berjarak 20 km dapat mempergunakan elf (carter), ojek , atau kalau mau lebih irit dapat jalan kaki dengan waktu kurang lebih 4 – 5 jam perjalanan. Setelah berembuk kami sepakat untuk menggunakan jasa ojek saja dan menuju stasiun penelitian TGNHS di Cikaniki. (Catatan : untuk mencapai pos TNGHS di Cikaniki jalan yang di tempuh rusak parah (off road) dan berbatu, disarankan tidak menggunakan kendaraan jenis sedan).

Malamnya bisa trekking ringan  sekitar 100 m untuk melihat jamur-jamur imuts yang mengandung fosfor akan menyala jika di tempat gelap.

      

Nah .. Untuk meuju kawasan  ini,  Dari Jakarta – Sukabumi dan turun di Parung Kuda (pasar),  bisa naik elf (jurusan Parung Kuda – Cipetey). Menuju pos pendaftaran TNGHS di Kabandungan (mendaftar untuk masuk) Tentunya. Dan Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan makanan di kawasan ini banyak terdapat warung makan, penginapan bahkan homestay penduduk local .

Desa Citalahab

Desa Citalahab ini berada di kecamatan Manggung – Kab. Bogor. Lokasi desa ini berada di tenggah2 perkebunan teh (perkebunan teh Nirmala), dengan mayoritas kegiatan para penduduknya sebagai petani teh di perkebunan tersebut. Tak banyak dijumpai penduduk di desa ini.

Berbagai Air Terjun

Kawasan ini lebih dekat dari stasiun penelitian TNGHS di Cikaniki, Air terjun ini memiliki ketingian  8 meter. Dan masih banyak lagi air terjun di kawasan ini, antara lain : Air Terjun Cimantaja dan Cipamulaan di sekitar Cikiray, Air Terjun Piit dan Cihanjawar di sekitar Nirmala Tea Estate, Air Terjun Citangkolo dan Ciraksamala di sekitar Mekarjaya, dan Air Terjun Ciberang di dekat Cisarua, dan air terjun curuk nagka.

Ya. Sangat banyak Anda akan jumpai disini dari jungle trackernya, satwanya seperti  Macan tutul, Kucing hutan, Landak, Trenggiling dan Elang. Dan tentunya beragam spesies tanaman.

      

                           

SELAMAT BER-TRAVELL

Satu pemikiran pada “Taman Nasional Gunung Halimun Salak – ( TNGHS )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s