JOGJA – SurGa WisaTa – HomE SweeT HomE

JOGJA adalah kota dimana aku sempat dibesarkan saat kecil dulu. Ibuku lahir di kota ini 62 tahun yang lalu. Dan semasa dewasanya berpetualang ke Jakarta bersama ayahku. Hingga akhirnya setelah pensiun memutuskan kembali ke kampungnya di Umbulhardjo. Ya .. tepatnya di Janturan persis di belakang Kebun Binatang GembiraLoka, adalah rumah ke dua orang tuaku kini. Yang semenjak tahun 1995 dijadikan rumah kost mahasiswa yang menimba ilmu di kota ini.

Menempuh jarak +/- 600 km perjalanan darat dan menghabiskan +/- 55 liter premium saya berserta keluarga pulang ke JOGJA tepat ketika hari raya Idul Fitri Tiba. Berkumpul bersama keluarga besar di kota tercinta ini.

Jalur yang paling sering kami lewati biasanya melalui jalur utara : Cirebon – Purwokerto. Namun sayang kini jalur utara tak semulus dulu. Jika melalui jalur selatan sebenarnya lebihjauh > 10 km dibandingkan melalui jalur utara. Jalur selatan melalui nagrek dan wangon, jalur ini relatif lancar. Atau ada lagi Jalur Tengah melewati Subang tembus ke Cirebon.

Tips saya ketika hendak membawa kendaraan menuju Jogja :

  1. Pilihan Berangkat yang ideal selepas Isya ( karena Bus2 Besar Berangkat biasanya selepas Ashar atau Magrib ) atau Berangkat selepas Subuh . Perjalan menuju JOGJA dengan menggunakan kendaraan roda empat memakan waktu 12-15 jam . Saya biasanya berangkat jam 8 malam setibanya di JOGJA jam 9 pagi.
  2. Periksalah Kendaraan Anda (akan lebih baik servis dulu sebelum berangkat). Atau Setidaknya jika Anda rasa masih ok tetap periksalah Oli dan Ban Anda. Dan jangan lupa bawa perkakas kendaraan/kunci2 dan ban serep serta senter jika perjalanan malam hari.
  3. Jika anda belum pernah keluar kota jarak jauh, ada baiknya membawa peta dengan mendowload di paman google. Atau yang paling gampang adalah melalui rute jalur utara, nampak jelas sekali penunjuk arah menuju JOGJA setelah cirebon.
  4. Sabar lah mengemudi jika di depan anda bus besar dan truck. Hati2 karena ini adalah jalur utama bus dan truck. Jangan diporsis karena ingin cepat santai. Nikmatilah perjalan, jika lelah banyak POM Bensin yang memiliki Rest Area.
  5. Bawalah Bekal seperti minuman atau makanan ringan sekedar mengisi perut di jalan.
  6. Apabila memiliki bayi, Ingat persiapkan segalanya. Buat tempat tidur untuk si kecil di kendaraan Anda (jauh lebih baik) dan senyaman mungkin. Tak perlu ragu memasukkan kasur busa ke dalam mobil demi kenyamanan. Persiapkan makanan dan minumannya terutama susu yang siap jadi dan makanan yang siap saji. Bawalah Termos kecil. Juga mainan yang simple. Kebetulan kedua anak saya saat umur 6 bulan sudah pernah merasakan perjalanan pulang kampung ke JOGJA, jadi saya bisa pastikan tidak ada masalah dengan untuk itu. Hanya saja akan lebih baik dipastikan bayi dalam kondisi sehat, jika ada indikasi sakit mintalah saran dokter anak.
  7. Bawalah obat-obatan pribadi juga si kecil jika membawa si kecil.
  8. Tenang dan Rilex setelah Anda memasuki KOTA JOGJA, penduduk yang ramah, bayak penginapan dan hotel serta ratusan tempat wisata menanti anda.

Banyak cerita di JOGJA yang tak dapat saya lukiskan satu persatu. Namun kota ini tetap saja berseri

dan tersenyum dengan keramahan penduduk dan terjangkaunya kebutuhan hidup.

Saya hanya men-resume beberapa tempat wisata yang dapat dijumpai di kota ini, dari wisata alam dan juga bagi penggiat alam bebas, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata belanja, wisata pantai, wisata arsitektur, wisata ziarah, wisata sejarah, museum dan monument dan pertunjukan seni dan budaya.

 Di ujung utara JOGJA,  Anda akan melihat Gunung Merapi berdiri dengan gagah setinggi 9738 kaki. Gunung ini adalah salah satu dari gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Jejak ganasnya letusan Gunung Merapi tahun 2006 lalu bisa disaksikan di Desa Kaliadem, 30 km dari Kota Jogja. Pemandangan bergaya Mooi Indië berupa hamparan sawah nan hijau dan Gunung Merapi sebagai latar belakang masih bisa dilihat di pinggiran Kota Jogja

JOGJA pada masa kini merupakan tempat tradisi dan dinamika modern berjalan berdampingan. Di Yogyakarta ada kraton dengan ratusan abdi dalem yang setia menjalankan tradisi, namun juga ada Universitas Gadjah Mada yang merupakan salah satu universitas terkemuka di Asia Tenggara. Di Yogyakarta s

ebagian masyarakat hidup dalam budaya agraris yang kental, namun juga ada kaum mahasiswa dengan gaya hidup pop. Di Yogyakarta ada pasar tradisional dan barang kerajinan sementara di sebelahnya berdiri mall yang tak kalah ramainya.

Di bagian selatan JOGJA , Anda akan menemukan banyak pantai. Pantai yang paling terkenal adalah Pantai Parangtritis dengan legenda Nyi Roro Kidul, namun Yogyakarta juga memiliki pantai-pantai alami yang indah di Gunung Kidul. Anda bisa melihat Pantai Sadeng yang merupakan muara Sungai Bengawan Solo purba sebelum kekuatan tektonik yang dahsyat mengangkat permukaan Pulau Jawa bagian selatan sehingga aliran sungai tersebut berbalik ke utara seperti saat ini. Anda juga bisa mengunjungi Pantai Siung yang memiliki 250 jalur panjat tebing, Pantai Sundak, dan lain-lain

Beberapa Lokasi Wisata Alam dan Penggiat Alam Bebas :

KALIADEM  adalah tempat melihat keindahan Gunung Merapi

KALIURANG Menikmati pesona alam di ujung utara Yogyakarta. Bersentuhan dengan udara sejuk dan meresapi suasana romantis ala nyonya dan meneer Belanda tempo doeloe di Kaliurang yang terletak di kaki Gunung Merapi.

Puncak Suroloyo yang menjadi tempat pertapaan Sultan Agung dan kiblat pancering bumi di tanah Jawa memberi anda kesempatan melihat empat gunung besar di Pulau Jawa, Candi Borobudur dan pemandangan matahari terbit.

Wanagama Tekad seorang srikandi masa kini bernama Oemi Han’in mampu mengubah lahan kritis bukit kapur menjadi hutan hijau. Sebuah mahakarya reboisasi yang telah membuat Pangeran Charles berkunjung ke Wanagama dan meninggalkan kenang-kenangan di sana.

Citra Elo River Rafting Perlu kegiatan wisata yang asyik dan seru bersama keluarga dan rekan? Mari menikmati sensasi wisata sambil bertualang bersama kami. Arung jeram, outdoor games (airsoft games, paintball, flying fox), management training dan riverside restaurant.

Tempat – tempat Penggiat Alam Bebas : Berada dalam jangkauan awan panas Gunung Merapi, di tengah arus Sungai Progo yang menggila, menerobos kedalaman bumi di Gua Jomblang, merayap di tebing karang Pantai Siung, dan medan off road lereng Merapi adalah lima tempat berpetualang paling maut di Jogja.

Beberapa Lokasi Wisata Pantai :

Pantai Parangtristis, Pantai Depok, Pantai Sepanjang, Pantai Ngobaran, Pantai Sadengm, Pantai Ngalah, Pantai Parangkusumoi, Pantai Siung yang dijadikan sebagai tempat memanjat tebing dan memiliki 250 jalur pemanjatan dan masih banyak lagi pantai-pantai lainnya di kota ini.

Beberapa Lokasi Wisata Sejarah :

Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ijo, Istana Ratu Boko, Candi Mendut, Candi Pawon, dan candi2 lainnya. Monumen dan Benteng. Serta gedung-gedung peninggalan sejarah baik dari jaman kerajaan maupun peninggalan Belanda.

Terakhir jika mau berbelanja Bisa ke Maliobro, PAsar Bringin hardjo, Kasongan, dan Pasar Seni Gabusan serta kini banyaknya mall dan tempat belanja souvenir yang mudah dijumpai.

 “Selamat Menikmati Keindahan, Keelokan, Keragaman dan Keramah Tamahan JOGJAKARTA”

Visiting JOGJA 

“N e v e r   E n d i n g   A s i a”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s