Gunung Galunggung Tasikmalaya

Koordinat GPS : 7.25°LS-7°15’0″LS; 108.058°BT-108°3’30″BT

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.168 mdpl . Obyek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas dibawah pengelolaan perum perhutani.

Pada tahun 1822 letusan dasyat gunung Galung gung telah merengut korban jiwa sebanyak 4.000 orang. Letusan besar berikutnya terjadi pada tahun 1894 dengan korban jiwa yang lebih kecil. Pada bulan Juni tahun 1982 Gn. Galunggung mengeluarkan 36 kali letusan besar dan 300 letusan kecil. Lahar dan abu yang di muntahkan merusak tanaman, ternak dan kolam ikan, namun tidak merengut korban jiwa manusia. Abu menyembur sampai sejauh 20 km ke angkasa, dan sampai bulan September terbentuk lapisan abu setebal 3 cm di area yang berjarak 15 km dari kawah.

Di bagian barat berbatasan dengan G. Karasak, dibagian utara dengan G. Talagabodas, di bagian timur dengan G. Sawal dan di bagian selatan berbatasan dengan batuan tersier Pegunungan Selatan. Secara umum, G. Galunggung dibagi dalam tiga satuan morfologi, yaitu: Kerucut Gunung Api, Kaldera, dan Perbukitan Sepuluh Ribu.  Untuk mencapai kawah Galungggung tdk terlalu sulit, dari tepi jalan Bandung-Tasikmalaya tepatnya di kawasan Indihiang belok kanan kearah selatan, menempuh 15km jalan desa yg agak sempit bercabang-cabang tanpa plang penunjuk jalan yg jelas, cukup membingungkan pada awalnya, jadi harus sering bertanya. Juga akan sering berpapasan dgn truk pasir yg kadangkala salah satu kendaraan harus mundur krn di bbrp bagian jalan dan belokan yg sempit. Sekitar 3km sebelum mencapai puncak gunung terdapat pemandian air panas (cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas. Untuk melihat kawah secara langsung maka kita harus menaiki terlebih dahulu +/- 620 buah tangga.

Taman rekreasi/Pemandian  air panas Cipanas Galunggung terletak sekitar 20 km barat lautkotaTasikmalaya. Untuk mencapai tempat ini dengan menggunakan angkot dari Terminal bus Tasikmalaya menuju Bantar melalui Jalan Raya utama, dan dari Bantar naik ojek ke kawasan air panas sejauh 14 km melalui jalan yang bergelombang.

Pemandian air panas (cipanas) gunung Galunggung memiliki luas sekitar 3 hektar, dengan fasilitas 3 kolam dan beberapa ruanganuntuk berendam, untuk berendam kita dikenakan biaya lagi yaitu Rp. 3000,- dengan rekomendasi dari dinas kesehatan tasikmalaya sebaiknya berendam tidak lebih dari 15 menit, karena pada kolam khusus dalam ruangan tersebut airnya memang relatif lebih panas (mungkin karena langsung dari pancuran kawahnya) dibanding dengan pada kolam besar  Wisata ke pemandian air panas cukup murah meriah, bayar per orang Rp. 5000,- kemudian parkir Rp. 2.000,-,

      

3 pemikiran pada “Gunung Galunggung Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s