Kepulauan Bangka – BelitunG

Akhir 2006  tepatnya saya menuju ke Kepuluan Bangka Belitung , sekali lagi berkat penugasan, saya beruntung bisa mendatangi salah satu tempat indah ini. Pangkal Pinang adalah sebutan untuk ibukota Bangka Belitung.  Di kota yang pnuh dengan keramahan ini saya sangat suka makan ketotprak telur. waah nikmat sekali. Apalagi Pempeknya masih asli karena banyak juga masyarakatBangka adalah dari Sumatera Selatan. Untuk menjuju kawasan ini Anda Dapat menggunakan Pesawat. Tak lama hanya memakan waktu 30-45 menit. Di waktu malam hari kita bisa duduk-duduk sambil menikamati keindahankota di alun-alun, banyak pemuda – pemudi ramai di tempat ini. Sambil menikmati jagung bakar. Kepulauan ini sangat terkenal dengan Hasil Tambang Timahnya .. Agak menyedihkan juga memang jika kita melihat dari kaca pesawat di ketinggian banyak sekali lobang bekas tambanh timah yang sudah ditinggalkannya. Semoga saja keindahan alam kepulauan ini dapat tetap terjaga.

Memiliki iklim tropis, dengan keadaan alam sebagian besar merupakan dataran rendah, lembah dan sebagian kecil pegunungan dan perbukitan. Ketinggian dataran rendah rata-rata sekitar 50 meter di atas permukaan laut dan ketinggian daerah pegunungan antara lain untuk gunungMarasmencapai 699 meter, gunung Tajam Kaki ketinggiannya kurang lebih 500 meter di atas

permukaan laut. Sedangkan untuk daerah perbukitan seperti bukit Menumbing ketinggiannya mencapai kurang lebih 445 meter dan Bukit Mangkol dengan   ketinggian sekitar 395 meter di atas permukaan laut.

Terletak pada 104°50’ sampai 109°30’ Bujur Timur dan 0°50’ sampai 4°10’ Lintang Selatan, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:  Di sebelah Barat dengan Selat Bangka , Di sebelah Timur dengan Selat Karimata ,  Di sebelah Utara dengan Laut Natuna, Di sebelah Selatan dengan Laut Jawa.

Beberapa Objek Wisata Di Kepulauan Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri. Pada awalnya, masyarakat sungailiat menyebut pantai ini sebagai pantai Hakok, kmudian sebagai pantai Tenggiri. Pantai Parai merupakan pantai paling indah dideretan pantai timur Pulau Bangka. Sejak dulu ketika masih disebut Hakok, pantai ini merupakan kawasan yang paling digemari untuk dikunjunggi oleh masyarakat setempat. Bebatuan yang banyak terdapat di pantai ini, bagaikan sebuah dekorasi alam yang sangat indah. Pantai ini memiliki sebauh resort dengan hotel bintang 4 yakni parai beach resort. Merupakan satu-satunya kawasan tujuan wisata pantai bertarap internasional yang patut dibanggakan dipulau bangka. Hampir semua fasilitas tersedia, mulai dari akomodasi, restauran, bar and grill, café, kolam renang, bahkan sport and leisure.

Di ujung kiri pantai, terdapat sebuah gugusan bebatuan yang di tata dengan apik dan di namakanRock Island. Pada malam hari, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati hidangan lezat dan minuman bar, sambil mendengarkan deburan ombak yang menerpa bebatuan tanpa henti. Akses menuju kesanamelalui sebuah jembatan dengan penerangan lampu di sepanjang tepi kanan dan kirinya. Pengunjung dapat berjalan kaki menuju keRock Islandsambil menikmati pemandangan laut dan riakan ombak.

Pantai Tanjung Pesona. Pantai ini terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Berjarak 9 km dari kotaSungailiat. Pantai ini berada ditengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, diatas tanjung dengan bebatuan yang besar. Pantai ini juga telah dilengkapi fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang tiga.Pantai Tanjung Pesona …

Pantai Matras&Pasir PAdi . Terletak di Desa Sinar Baru dan berjarak tempuh lebih kurang 20 km dari kotaSungailiat ke arah utara, mempunyai akses yang sangat mudah karena terdapat fasilitas jalan aspal yang mulus dan lebar. Semua jenis kendaraan dapat memasuki pantai hingga ke bibir pantai yang berpasir putih dan landai sepanjang 5 km dari ujung selatan hingga semenanjung di ujung utara. Pantai ini dilatar belakangi pepohonan kelapa dan aliran sungai alami, hingga sering disebut sebagai Pantai Surga.

 Pulau Lengkuas  ini merupakan sebuah pulau yang berdekatan dengan objek wisata Pantai Tanjung Kelayang. Jarak tempuh dari Pantai Tanjung Kelayang menuju pulau tersebut dengan perahu mesin memakan waktu 30 menit. Objek wisata ini berada di Kecamatan ijuk. Pulau ini terkenal dengan mercusuar yang masih berdiri tegak, dibangun pada tahun 1882 oleh pemerintah Kolonial Belanda. Sampai saat ini mercusuar tersebut mesih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung.

Monumen Pembuangan Bung Karno dan Bung Hatta.  Monumen ini berada persimpangan jalan antara lapangan bola dan kantor pos dan berada dekat pusatkota Monumen    ini    semakin emperkaya keberadaan Kota Muntok    sebagai    pusat perjuangan yang bersejarah dan berbudaya. Monumen Proklamator Bung Karno Dan Bung Hatta sarat dengan makna dan perjuangan bangsaIndonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Monumen ini melengkapi nilai bersejarah monumen lainnya seperti Pesanggrahan Bung Karno (Wisma Ranggam) Vila di Bukit Menumbing dan saksisaksi sejarah lainnya yang masih dapat dilihat di Kota Muntok.

 Danau Sekar Biru Bumi Sejiran Setason Bangka Barat dengan legendanya penuh misteri dihiasi pernik budaya yang unik beragam serta ditunjang oleh pesona alam indah nan menawan.Sebuah desa di daerah Parit Tiga Jebus berjarak 75 Km dari Ibukota Kabupaten Bangka Barat terdapat sebuah kejadian alam yang menajubkan bernama “Danau Sekar Biru”.

Sekar Biru berasal dari danau yang berwarna biru. Danau tersebut terjadi karena Tambang Timah UPTB. Danau tersebut ternata agak unik karena airnya berwarna biru lain daripada danau yang lain yang berada di sekitar tempat tersebut tapi bila diambil airnya menjadi warnanya bening. Danau tersebut selalu dijaga oleh masyarakat setempat supaya tidak tercemar terutama Kades Sekar Biru Ibu Roslena.

Dulu sekitar tahun 1992 sekitar danau ini dijadikan bumi perkemahan se-KabupatenBangka. Tahun 1992 diadakan perkemahan akhir tahun Prata dan PW se-KabupatenBangka. Dari danau inilah mengambil nama desa sekitar danau menjadi Desa Sekar Biru.

Danau ini berada di sekitar Taman Salim Perumnas Desa Sekar Biru Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat. Beberapa tahun terakhir sekitar danau ini diadakan perlombaan diantaranya Motorcross. Tempat ini memang sangat indah dan menarik dijadikan tempat wisata. Namun danau ini berwarna biru, jadi agak aneh tapi bukan karena legenda apa-apa, hanya peristiwa alam, mungkin pantulan sinar matahari ke dasar kolong yang berdinding tanah kaolin (tanah liat galian timah). Namun walau bagaimana Sekar Biru amat menarik dijadikan objek wisata Bangka Barat.

Selamat berkunjung menikmati keajaiban alam di Parit III Jebus Bangka Barat.

For All Of My Team There .. Thanks dan Selalu Dalam Kalbu ..  Krismana Wicaksono .. 

2 pemikiran pada “Kepulauan Bangka – BelitunG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s