KeeLokan Pulau – Untung Kep. SeriBu

Kali ini tepat 3 tahun yang lalu kami melakukan Journey ke Pulau Untung Jawa. Adalah  salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini terletak di sebelah barat Teluk Jakarta. Untuk menuju pulau ini kita bisa melalui dua tempat: muara Angke dan Pantai Tanjung Pasir, Tangerang. Dari Muara Angke, kapal tujuan dan Pulau Tidung selalu menyediakan kesempatan bagi siapapun untuk singgah sebentar di Pulau Untung Jawa. Ini dikarenakan letak Pulau Untung Jawa yang terdapat di tengah-tengah, diantara pulau-pulau yang dilewati kapal penyebrangan.

Dari Tangerangpun bisa dijangkau dengan mudah. Trip Tanjung Pasir – Pulau Untung Jawa dapat ditempuh hanya20 menit perjalanan. Kemudahan inilah yang membuat Pulau Untung Jawa menjadi pilihan yang tepat dihari libur bagi turis-turis lokal.  Sebuah pilihan wisata yang menarik sekaligus murah meriah.

Pulau Untung Jawa memiliki luas yang memadai untuk dijelajahi. Di dekat pelabuhan terdapat tempat yang dirancang pemerintah setempat sebagai tempat wisata. Masuknyapun melalui jalan conblok yang rapi dengan petugas tiket di ujung dermaga. Masuk ke dalamnya akan ditemui masjid dan tempat-tempat wisata. Jika mau terus menyelusuri pantainya, kita akan menemukan hutan bakau dengan canopy yang memadai sehingga memudahkan pengunjung untuk menjelajahinya.

Walaupun canopy telah berakhir, jelajahi terus pantainya. Kita akan menemukan pohon-pohon bakau yang cukup tua, bahkan tumbuh sendiri-sendiri di air yang dangkal. Bagi pecinta fotografi, tempat ini cukup menarik untuk diabadikan.

Apabila  berangkat dari Tanjung Pasir, kita akan melewati Pulau Rambut, yang berdekatan dengan Pulau Untung Jawa. Pulau ini adalah suaka marga satwa burung, maka sering dijuluki pulau burung. Tapi untuk masuk ke pulau rambut harus ijin dulu, misalnya penelitian atau liputan.

Pulau untung Jawa merupakan Pulau kecil dan berpenduduk.  Anda juga  bisa memancing atau berenang di pantai yang ombaknya kecil. Di bagian utara ada pantai dengan hutan bakau dan dermaga, bagian selatan pantai dengan batu karang. Untuk makan, tersedia ikan bakar dengan harga terjangkau.  Tidak perlu khawatir jika Anda menginginkan ikan bakar disini tersedia beragam menu lengkap Sea Food. Selain menu yang biasa kita jumpai.

Transportasi penyeberangan yang hanya pagi dan sore.  Akan lebih baik berangkatpagi dan pulang sore. Kapal akanmondar-mandir sepanjang pagi hingga sore hari.

(Update harga tahun 2008):
Harga panginapan sekarang berkisar dari harga Rp 150 rb (Non AC)

s/d Rp 300 rb (AC)  per malamnya dan Untuk harga PenyebErangan kapal laut dari Tanjung Pasir Perorang  Rp 20 rb.

Tunggu Apalagi .. Ayo Berangkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s