Curug Nangka

Dikenal dengan panggilan beken Cunang, merupakan salah satu curug andalan KabupatenBogordisamping Curug Luhur dan Curug Cilember. Lokasi nya yang berada di kaki Gunung Salak di daerah Ciapus, sekitar 20 km arah selatan kota Bogor berhawa sejuk.

Menuju lokasi Cunang tidaklah sulit, baik naik kendaraan pribadi maupun umum. Karena sarana tranportasi dan jalan menuju lokasi ini sudah baik. Bagi yang bertravel dengan angkutan umum. Anda dapat menaiki KRL turun diBogordan naik angkot 03 menuju ciapus.

Dari papan penunjuk lokasi wisata Curug Nangka terlhat bahwa ada curug lain yang terletak berdekatan dengan curug ini, yang dinamakan Curug Kawung. Disamping itu, terdapat pula bumi perkemahan yang sering digunakan oleh para pencinta alam menghabiskan malam-malamnya dengan mendirikan tenda-tenda beserta api unggun.

Ada juga  Curug Kawung, ini terletak dibagian hulu dari Curug Nangka. Perjalanan menuju Curug Kawung cukup melelahkan karena selain  licin oleh hujan atau lembab juga jalan setapak yang dilalui memiliki kontur naik-turun. Meskipun demikian Curug Kawung terletak dilokasi yang cukup terbuka sehingga lebih aman bila sewaktu-waktu terjadi air bah.

Berbeda dengan Curug Kawung, lokasi Curug Nangka bisa dikatakan berada dalam lembah yang curam dan dibatasi tebing-tebing yang tinggi yang tentunya bila sewaktu-waktu terjadi air bah akan sangat berbahaya bagi pengunjung karena bisa dikatakan pengunjung berada di dasar sebuah bejana dengan satu jalan keluar yang diapit oleh tebing tanah yang cukup tinggi.

Walau terletak dibagian hilir dari Curug Kawung, Curug Nangka lebih ekspresif disebut sebagai air terjun. Limpahan airnya sangat deras meskipun di musim kemarau ditambah lagi dengan lokasi-nya yang cukup tersembunyi menambahkan kesan yang lebih alami.

Selain menyajikan objek wisata berupa air terjun, di Curug Nangka banyak sekali berkeliaran kera-kera liar. Kera-kera ini terkadang cukup berani menghampiri pengunjung hanya sekedar untuk meminta/mengambil sisa-sisa makanan.

Lokasi ini sangat ramai di hari minggu. Untuk campers juga tidak kalah menarik jika ingin ber-kemping ria. Dahulu lokasi ini menjadi andalan penulis untuk mendaki gunung salak. Namun sayang, kini untuk mendaki sudah ditutup dikarenakan banyaknya korban jiwa dan jalur yang sudah tidak menentu lagi. 

2 pemikiran pada “Curug Nangka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s